Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan
komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia hari ini. Hadirnya
teknologi selular generasi keempat ini menempatkan Indonesia sejajar dengan
negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G dan sekaligus merupakan jawaban atas kebutuhan
masyarakat Indonesia akan mobile
broadband yang terus meningkat.
Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga
mengatakan, “Setelah sukses melakukan serangkaian uji coba 4G LTE sejak tahun
2010, termasuk yang terakhir dilakukan di Bali pada ajang KTT APEC 2013, kini
kami menghadirkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersial, yang
benar-benar bisa dinikmati masyarakat. Layanan ini akan memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, dimana
saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya.”
Lebih lanjut Alex menjelaskan bahwa hadirnya Telkomsel
4G LTE diharapkan akan mampu mengakselerasi pertumbuhan Indonesia di berbagai
bidang, sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia di era yang baru ini.
Ketersediaan 4G LTE bagi Indonesia dapat membuka dan mempercepat akses terhadap
lebih banyak lagi informasi sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan
produktivitas masyarakat Indonesia, membentuk gaya hidup digital di tanah air dan
mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.
Layanan 4G LTE dipercaya akan memberikan pelanggan
kepuasan tersendiri di dalam menikmati berbagai aktivitas yang erat dengan digital lifestyle seperti akses video streaming dan musik dengan
kualitas yang lebih baik dan waktu tunggu yang lebih cepat, serta menikmati game online tanpa adanya delay dengan kualitas gambar HD (High Definition). Selain itu download/upload file juga dapat dilakukan
lebih cepat, melakukan video conference
dengan kualitas koneksi dan gambar yang lebih jernih, dan mengakses data di cloud dengan lebih cepat.
Layanan
Telkomsel 4G LTE
Layanan Telkomsel 4G LTE
digelar di frekuensi 900MHz dengan
lebar pita sebesar 5 MHz, yang memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps. Frekuensi 900MHz memiliki daya pancar yang lebih besar, sehingga
penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam
gedung/rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar
perkotaan.
Untuk tahap awal, dengan lebih dari 200 BTS 4G di
Jakarta dan Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an
lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali. Di
Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di
Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur antara lain
Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman, Semanggi,
SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M. Sedangkan
untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti
mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk
di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota
Kasablanka dan lainnya.
Sedangkan
di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup
sekitar 90% wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam
Bonjol dan Sanur serta 80% wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta,
Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu. Untuk
jaringan indoor terdapat di kawasan
bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall
Kutabex. Layanan Telkomsel 4G
LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan
Diponegoro.
Sementara
itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan
melalui seamless experience,
Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi dengan teknologi 802.11n
(setara 4G) untuk melengkapi coverage
Telkomsel 4G LTE,
terutama yang berada di indoor. Telkomsel
4G LTE juga seamless dengan Telkomsel
3G sehingga apabila pelanggan keluar dari coverage
4G LTE, maka layanan tidak akan terputus dan secara otomatis akan dilayani
dengan coverage Telkomsel 3G.
Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai
lokasi-lokasi yang telah dilayani oleh jaringan 4G LTE, Telkomsel membuat peta
interaktif yang dapat dilihat di microsite www.telkomsel.com/4G-LTE.
“Ke depannya
secara bertahap akan kami kembangkan ke berbagai lokasi khususnya di kota-kota
besar lainnya. Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G LTE hingga ke 22
propinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat
menikmati layanan ini”, ungkap Alex.
Untuk memastikan ketersediaan ponsel 4G LTE,
Telkomsel menggandeng vendor ponsel
Samsung sebagai mitra strategis 4G LTE, juga LG Mobile, Microsoft dan HTC serta
berbagai vendor lokal lainnya.
Telkomsel juga akan menghadirkan serangkaian program promo untuk pelanggan yang
berlangsung di GraPARI dan secara khusus di event
Telkomsel 4G LTE Sales Exhibition pada tanggal 19-21 Desember 2014 di ‘The
Space’ Senayan City.
“Telkomsel bersama-sama dengan semua anak usaha
dalam naungan Telkom Group, akan terus berinovasi dalam layanan dan teknologi
untuk membangun dan memperkaya ekosistem digital Indonesia demi mengakselerasi
terciptanya masyarakat digital Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya kami
untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia melalui konsep DNA ekosistem
yang memadukan kolaborasi antara Device,
Network dan Applications. Kami
juga akan terus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendorong agar
ekosistem 4G LTE di tanah air semakin lengkap dan dapat dinikmati oleh lebih
banyak masyarakat”, tambah Alex.
Cara
Berlangganan dan Berbagai Kelebihan Telkomsel 4G LTE
Agar dapat segera menikmati layanan Telkomsel 4G
LTE, pelanggan harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 4G dengan
memakai simcard 4G LTE yang disebut
USIM (USIM merupakan simcard khusus
dengan teknologi terkini untuk mendukung pengalaman akses berkecepatan tinggi).
Pelanggan Telkomsel yang ponselnya sudah mendukung
layanan 4G, baik pascabayar (kartuHalo) maupun prbayar (simPARI, KartuAs, dan
LOOP) cukup menukarkan simcard mereka
dengan USIM secara gratis tanpa harus mengubah nomor yang mereka miliki saat
ini dengan pilihan datang ke GraPARI atau meminta untuk dikirim ke rumah.
Pelanggan yang saat ini ponselnya sudah mendukung layanan 4G LTE akan mendapatkan
SMS untuk menentukan pilihan tersebut. Sedangkan bagi pelanggan baru yang telah
memiliki ponsel 4G LTE bisa mendapatkan USIM di seluruh GraPARI Telkomsel di Jakarta
& Bali.
Kelebihan dari layanan Telkomsel 4G LTE ialah bahwa
pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan
penggunaan paket tersebut tanpa tambahan biaya untuk menikmati 4G LTE. Untuk
menikmati layanan content 4G LTE,
pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel.
Untuk mendapatkan ponsel 4G LTE, Telkomsel bekerjasama
dengan mitra penyedia ponsel menawarkan program bundling 4G LTE dengan
penawaran cashback hingga 2 (dua)
juta rupiah dan bonus hadiah senilai lebih dari 2 (dua) juta rupiah (syarat dan
ketentuan berlaku, hingga 31 Januari selama persediaan masih ada) ditambah
GRATIS kartu perdana USIM simPATI yang bisa didapatkan pelanggan di GraPARI Telkomsel
di Jakarta, dan selanjutnya di Bali (mulai 15 Desember 2014).
Bagi
pelanggan Telkomsel 4G
LTE disediakan konten Disney movie
sebagai bagian dari layanan Telkomsel
4G LTE (Telkomsel menjalin kerjasama dengan Disney
sehingga konten Disney hanya bisa dinikmati di jaringan 4G LTE Telkomsel) yang
bisa dinikmati dari aplikasi Moovigo (Aplikasi Telkomsel Moovigo dapat diunduh
dari Google play store atau dengan menghubungi *500*90#). Selain itu
kelebihan lainnya dari layanan Telkomsel 4G LTE diantaranya pelanggan tidak
perlu khawatir terhadap ‘Bill Shock’
karena 4G telah menghadirkan landing page sebagai kontrol untuk penggunaan data service.
Telkomsel juga menjalin kerjasama bilateral untuk
4G LTE roaming dengan Bridge Alliance
partners, yaitu SingTel (Singapura), Optus
(Australia) dan Maxis (Malaysia). Dengan kerjasama ini, para pelanggan Telkomsel
yang bepergian ke tiga negara tersebut, akan dapat menikmati seamless 4G LTE data roaming.
Demikian juga sebaliknya. Ke depannya
Telkomsel bersama Telkom Group akan memperluas
layanan roaming internasional ini baik untuk berbagai jenis layanan maupun cakupan mitra
operator di negara lainnya.
“Pelanggan kami banyak yang melakukan perjalanan ke
Singapura, Malaysia dan Australia baik untuk bisnis maupun liburan, khususnya disaat
akhir tahun. Demikian juga sebaliknya. Kami
ingin memastikan para pelanggan untuk mendapatkan pengalamanan mobile internet terbaik dengan akses
tercepat ketika berada di luar negeri. Ke depannya, para pelanggan 4G LTE
Telkomsel akan dapat menikmati layanan roaming yang lebih baik dan lebih luas,
seiring dengan upaya kami untuk memperluas layanan ini ke berbagai negara lain
seperti Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, Arab Saudi dan lainnya”, tutup Alex.
Untuk kebutuhan informasi masyarakat akan layanan
4G LTE, Telkomsel telah memastikan kesiapan dari seluruh customer service yang berada di call centre, GraPARI Jakarta dan
Bali serta akun twitter @Telkomsel dan akun facebook Telkomsel. Sedangkan untuk
kemudahan dalam mengakses informasi secara lengkap mengenai 4G LTE, pelanggan
dapat mengakses microsite www.telkomsel.com/4G-LTE atau hubungi
133 untuk Kartu Halo dan 188 untuk SimPATI, Kartu As dan LOOP.
***



No comments:
Post a Comment