Telkomsel kembali
meraih pengakuan sebagai “Best Champion” untuk kategori operator seluler dalam
ajang Bali Service Excellence Award (BSEA) 2013 yang diselenggarakan lembaga
riset pemasaran Markplus Insight di Hotel Sanur Paradise Plaza, Bali. Dengan
pencapaian ini, Telkomsel berhasil memperoleh predikat sebagai yang terbaik di
Bali selama dua tahun berturut-turut.
BSEA merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan
dan merek lokal dari 14 kategori industri dengan pelayanan pelanggan terbaik di
Bali. Penilaian BSEA 2013 ini didasarkan pada survei yang dilakukan oleh
Markplus Insight terhadap 1.000 responden di Bali pada bulan November hingga
Desember 2012. Survei ini menggunakan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sebesar 3,2 persen. Responden dalam survei
tersebut merupakan pengambil keputusan pembelian untuk produk dan jasa tertentu
dari strata sosial ekonomi A, B, dan C berusia 21 hingga 55 tahun yang dibagi
secara proporsional.
Survei tersebut mengukur dimensi pelayanan
terhadap pelanggan yang meliputi tiga touch point, yaitu pelayanan pada saat sebelum proses interaksi dengan petugas
layanan (pre-interaction), pelayanan pada saat interaksi (interaction), dan pelayanan setelah melakukan interaksi (post-interaction). Pre-interaction
berkaitan dengan informasi mengenai produk atau jasa, seperti: program
komunikasi massal, informasi di outlet, dan word of mouth. Interaction
berkaitan dengan harga dan pelayanan perusahaan kepada pelanggan selama
berinteraksi pada waktu proses, baik secara fisik maupun non fisik. Sementara post-interaction berkaitan dengan kualitas produk atau jasa yang
memenuhi kebutuhan, manfaat emosional dari merek, dan penanganan komplain.
Berdasarkan survei tersebut, Telkomsel berhasil
memperoleh nilai tertinggi pelayanan pelanggan untuk kategori operator seluler,
diikuti XL Axiata di peringkat kedua dan Indosat di peringkat ketiga. Telkomsel
juga meraih penghargaan BSEA 2013 untuk kategori penyedia internet wireless broadband melalui layanan TELKOMSELFlash.
Head of Sales & Customer Care Telkomsel
Regional Bali Nusra Hasan Kurdi mengatakan, “Kami berterima kasih kepada para
pelanggan dan masyarakat Bali yang telah memercayakan upaya kami dalam
menghadirkan layanan komunikasi yang terbaik. Penghargaan ini sekaligus menjadi
tantangan bagi kami untuk terus mengedepankan value yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pelayanan, seiring tingginya
kepercayaan pengguna produk dan layanan Telkomsel di Bali.”
Baru-baru ini GraPARI Telkomsel Denpasar juga memperoleh sertifikasi mutu International
Organization Standardization (ISO) 9001:2008. Pengakuan ini didapatkan setelah GraPARI Denpasar dinilai telah memenuhi parameter yang
ditentukan dalam hal pelayanan pelanggan, di mana tujuan akhir dari
implementasi ISO 9001:2008 adalah pencapaian kepuasan pelanggan.
Saat ini pelanggan Telkomsel di Bali dilayani
dua kantor pelayanan GraPARI, yakni GraPARI Denpasar di Jalan Diponegoro dan GraPARI Mall Bali Galeria di Kuta. Pelayanan pelanggan
juga dapat diperoleh di delapan GraPARI Kios yang
tersebar di Bali, yakni di Negara, Tabanan, Gatsu, Legian, Gianyar, Karangasem,
Nusa Dua, dan Singaraja.
Telkomsel menyediakan akses layanan call center 24 jam sepanjang hari dengan akses 133 untuk
pelanggan kartuHALO dan 155 untuk pelanggan simPATI dan Kartu As, serta 128 khusus pelanggan
korporat. Tersedia pula akses ke nomor lain, yakni 08071811811.
Pelanggan juga dilayani melalui akses situs www.mytelkomsel.com,
email ke cs@telkomsel.co.id, atau SMS ke 111 langsung dari kartuHALO dan 116 untuk simPATI dan Kartu As. Contoh: untuk mengetahui
alamat GraPARI di kota pelanggan, cukup
kirim SMS dengan mengetik grapari#<nama kota>, lalu kirim ke 111 atau
116.
Telkomsel juga menghadirkan layanan Self Care
yang merupakan inovasi layanan untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh
informasi sekaligus mengaktifkan fitur layanan favorit secara mandiri, tanpa
bantuan petugas pelayanan Telkomsel. Layanan Self Care dapat diakses secara
gratis dengan menghubungi *111# (pelanggan kartuHALO) atau *116# (pelanggan simPATI dan Kartu As).
==========
No comments:
Post a Comment