Menjelang periode Natal dan Tahun Baru 2014,
Telkomsel siap melayani kebutuhan komunikasi masyarakat di Bali, NTB, dan NTT.
Persiapan itu antara lain diwujudkan dengan melakukan penambahan kapasitas dan
peningkatan kualitas jaringan di 30 titik premium yang diprediksi akan
mengalami lonjakan trafik layanan pada periode pergantian tahun tersebut.
GM
ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto mengatakan, “Seperti
tahun-tahun sebelumnya dan khususnya di momen-momen seperti Natal dan Tahun
Baru ini, kami mengantisipasi lonjakan trafik layanan telekomunikasi yang akan
terjadi dengan meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin
kualitas terbaik bagi pelanggan kami."
Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief (tengah) bersama Tim Telkomsel Siaga mengecek kesiapan perangkat transmitter di salah satu BTS di Lasiana, Kupang, NTT (21/12) |
Tahun
ini diperkirakan lonjakan trafik layanan tertinggi akan terjadi saat malam
tahun baru. Trafik SMS diprediksi meningkat 22,6 persen, layanan data 18,3
persen, layanan suara 13,7 persen, seluruhnya dibandingkan hari biasa. Untuk
mengantisipasi peningkatan trafik layanan tersebut, Telkomsel telah menyiapkan kapasitas
jaringan yang memadai, yakni kapasitas SMS Center yang mampu mengakomodasi
hingga 108 juta SMS, kapasitas layanan data 18,67 Tera Byte, kapasitas layanan
suara 105 juta menit, dan kapasitas Visitor Location Register (VLR) untuk
melayani hingga 10,8 juta pelanggan.
Upaya
peningkatan kualitas layanan dan jaringan yang dilakukan Telkomsel antara lain
dengan mengidentifikasi 30 titik keramaian utama di Bali Nusra yang disingkat
"PREMIUM", yakni Public services,
Religious events,
Entertainment events,
Malls and shopping center,
Indoor events,
Uniqueness,
dan Massive crowd.
Dari 30 titik tersebut, lima wilayah yang menjadi pusat lonjakan utama trafik
layanan adalah Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Tanjung
Benoa, Kuta Legian, dan Pantai Senggigi.
“Kata
Premium ini juga mengartikan bahwa Telkomsel berkomitmen memberikan layanan
yang premium atau utama kepada para pelanggan agar dapat menikmati layanan
komunikasi suara, SMS, maupun data dengan nyaman dalam kondisi paling over peak
sekalipun," jelas Ganot.
Telkomsel
telah menggelar lebih dari 3.600 base transceiver station
(BTS) di Bali Nusra. Layanan Telkomsel juga didukung 11
Compact Mobile BTS (Combat) untuk menjamin kualitas jaringan agar tetap prima.
Dari
sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel menyiagakan 21 armada Mobile GraPARI
di lokasi-lokasi yang masuk dalam kategori “PREMIUM”
dan menjamin ketersediaan produk melalui 104 outlet siaga. Selain
itu, 5 GraPARI
termasuk GraPARI
24 Jam Kutabex juga siap melayani kebutuhan masyarakat selama periode Natal dan
Tahun Baru 2014.
***
No comments:
Post a Comment