Trafik layanan komunikasi Telkomsel pada periode Tahun Baru 2014 mengalami peningkatan yang signifikan. Di wilayah Bali Nusra, lalu lintas komunikasi data mencapai 18,1 terabyte pada momen pergantian tahun 2013 ke 2014. Angka ini 141 persen lebih tinggi daripada puncak trafik layanan data pada periode yang sama tahun lalu yang berkisar 7,5 terabyte.
Sementara itu, layanan SMS yang sebelumnya selalu menjadi favorit pelanggan untuk mengucapkan ‘Selamat Tahun Baru’ pada saat ini cenderung stabil penggunaannya dibandingkan tahun lalu. Terbukti trafik layanan SMS mengalami peningkatan hanya sekitar 3 persen dibandingkan trafik pada periode yang sama tahun lalu, dari 55,9 juta SMS setiap harinya menjadi 57,4 juta SMS pada Tahun Baru 2014.
“Perilaku komunikasi ini wajar mengingat tren penggunaan layanan seluler secara bertahap telah bergeser ke layanan data, sehingga ucapan ‘Selamat Tahun Baru’ melalui layanan instant messaging atau chatting dengan fasilitas broadcast message maupun media sosial seperti Facebook dan Twitter kini lebih disukai pelanggan,” jelas Hasan Kurdi, GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Bali Nusra.
Sejalan dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara di Bali Nusra juga mengalami peningkatan pada periode pergantian tahun. Trafik layanan suara meningkat lebih dari 6 persen dari 63,7 juta menit pada malam Tahun Baru 2013 menjadi 67,7 juta menit pada periode yang sama tahun ini. Dari sisi transaksi layanan isi ulang pulsa, terjadi peningkatan sebesar 8 persen dibandingkan periode pergantian tahun sebelumnya.
Sejalan dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara di Bali Nusra juga mengalami peningkatan pada periode pergantian tahun. Trafik layanan suara meningkat lebih dari 6 persen dari 63,7 juta menit pada malam Tahun Baru 2013 menjadi 67,7 juta menit pada periode yang sama tahun ini. Dari sisi transaksi layanan isi ulang pulsa, terjadi peningkatan sebesar 8 persen dibandingkan periode pergantian tahun sebelumnya.
Peningkatan trafik layanan komunikasi tersebut diikuti dengan kualitas delivery layanan yang secara umum baik. Tercatat tingkat kesuksesan layanan data mencapai 99,97 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan SMS dan suara masing-masing 99,94 persen dan 97,13 persen.
“Kami bersyukur persiapan yang kami lakukan sejak sebelum periode Natal mampu menghasilkan layanan yang prima selama periode pergantian tahun. Kami berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan semakin nyaman dalam berkomunikasi menggunakan layanan Telkomsel,” ungkap Ganot Sunoto, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra.
Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dan masyarakat dalam memanfaatkan beragam inovasi produk dan layanan seluler sesuai kebutuhan. Saat ini pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra dilayani lebih dari 3.600 base transceiver station (BTS), di mana sepertiga di antaranya merupakan Node B (BTS 3G) untuk memaksimalkan kualitas layanan data.
Berikut data performansi layanan Telkomsel di Bali Nusra pada Periode Tahun Baru 2014:
Trafik Layanan
Layanan
|
Trafik Puncak Tahun Baru 2013
|
Trafik Puncak Tahun Baru 2014
|
Perbandingan
|
Data
|
7,5 Tera Byte
|
18,1 Tera Byte
|
Naik 141%
|
SMS
|
55,9 juta SMS
|
57,4 juta SMS
|
Naik 3%
|
Suara
|
63,7 juta menit
|
67,7 juta menit
|
Naik 6%
|
Isi Ulang Pulsa
|
780.000 transaksi
|
841.000 transaksi
|
Naik 8%
|
Tingkat Kesuksesan Layanan
Layanan
|
Tingkat Kesuksesan Tahun Baru 2014
|
Data
|
99,97%
|
SMS
|
99,94%
|
Suara
|
97,13%
|
***
No comments:
Post a Comment