PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia
Tbk mencatatkan pendapatan sebesar Rp 60 triliun lebih atau tumbuh double digit mencapai 10,1% atau lebih
tinggi dari industri telekomunikasi Indonesia yang tumbuh sekitar 7% sepanjang
tahun 2013. Pertumbuhan laba bersih dan EBITDA juga double digit
mencapai 10,4% dan 10%. Pencapaian ini berkat kinerja yang kuat baik secara finansial maupun
operasional di tahun
2013.
Pertumbuhan pendapatan Telkomsel ditopang
oleh pertumbuhan digital yang terdiri dari layanan data broadband (35,6% YoY) dan digital services (30,3% YoY) serta kontribusi legacy business yaitu voice (tumbuh 4,5%
YoY) dan SMS (tumbuh 3,3% YoY).
Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan
sehingga Telkomsel dapat meraih pertumbuhan
double digit yang berkelanjutan di
tengah-tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi. Seiring dengan arah perusahaan untuk menjadi
perusahaan digital berkelas dunia kami
secara konsisten mengembangkan layanan data dan digital. Dan pertumbuhan data
broadband dan digital services yang mencapai angka di atas 30% merupakan
wujud sambutan yang positif dari masyarakat atas layanan kami tersebut.”
Layanan data dan digital sebagai new revenue growth engine di tahun 2013
telah berhasil menyumbang sekitar 20% dari total pendapatan Telkomsel. Potensi
pertumbuhan penggunaan layanan ini akan semakin besar di masa mendatang
mengingat penetrasi telepon pintar (smartphone)
di Indonesia masih sangat rendah, yakni sekitar 20%. Dengan berbagai program bundling yang dikembangkan oleh
Telkomsel, potensi tersebut dapat ditangkap dan pada akhirnya meningkatkan
penggunaan layanan data dan digital.
Selama tahun 2013 Telkomsel mencatat pertumbuhan
6,4 juta pelanggan baru, sehingga jumlah total pelanggan hingga akhir tahun
mencapai 131,5 juta, atau meningkat sebesar 5,1% dari tahun sebelumnya. Kebutuhan
akan layanan data yang begitu tinggi juga mendorong kenaikan jumlah pelanggan data mencapai 60,5 juta
atau meningkat 10,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Di
samping itu jumlah pelanggan Telkomsel
Flash naik secara signifikan sebesar 56,4% ke angka 17,3 juta, sementara
pelanggan layanan BlackBerry tumbuh 31,1% ke angka 7,6 juta.
Di sepanjang tahun 2013 Telkomsel telah melakukan beberapa langkah
strategis terkait dengan penambangan jaringan seperti menginvestasikan tambahan
3G carrier (2.100 MHz) dan
menambah jumlah BTS di
berbagai pelosok di seluruh Indonesia.
Sepanjang tahun 2013 Telkomsel membangun sebanyak 15.567 BTS, sehingga
secara total memiliki 69.864 BTS (tumbuh 28,7% YoY), di mana sebanyak 38,7%
adalah BTS 3G. Selain luasnya jaringan, kesiapan Telkomsel di dalam mengadopsi
teknologi baru seperti 4G LTE juga telah sukses didemonstrasikan di
Bali pada penyelenggaraan KTT APEC 2013.
Telkomsel mengalami kenaikan jumlah pelanggan data mencapai 60,5 juta atau meningkat 10,8% dibandingkan tahun sebelumnya |
Untuk menghadirkan jaringan dan layanan kapan pun dan di mana pun, di tahun 2013
Telkomsel melakukan inovasi yakni meluncurkan 268 Mobile GraPARI (MOGI) dan
400 Mobile Tower (MOTO). MOGI merupakan
pusat pelayanan bergerak yang tersebar di seluruh Indonesia dan mampu menjangkau
pelanggan-pelanggan hingga ke pelosok, sedangkan MOTO mampu menghadirkan
jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan percepatan penggelaran jaringan
namun kurang mendukung dari sisi ketersediaan lahan.
“Kinerja yang
kuat di tahun 2013 akan
menjadi modal kami untuk terus menghadirkan berbagai terobosan produk dan layanan kepada para pelanggan di tahun 2014. Kami akan
fokus untuk terus mengembangkan ekosistem DNA (Device, Network &
Applications) guna mendorong pertumbuhan layanan digital, ” ungkap Alex.
Kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel di tahun 2013 telah mendapat
pengakuan baik nasional maupun internasional dengan 55 penghargaan yang
diperoleh dari berbagai institusi nasional maupun internasional, antara lain sebagai Wireless
Service Provider of The Year di Asia Pacific ICT Awards 2013 yang
diselenggarakan oleh Frost and Sullivan International, CNET Asia Readers’
Choice Award 2013 sebagai The Best Telco for Indonesia, Asia’s Best
Companies sebagai Best Managed Company
2013 dari Finance Asia, dan sebagainya.
***
No comments:
Post a Comment