Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan
dalam berkomunikasi dan menggunakan layanannya, khususnya di periode Natal 2014
dan Tahun Baru 2015 (Naru), Telkomsel melakukan sejumlah upaya penambahan
kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan. Di wilayah Bali, NTB, dan NTT,
Telkomsel mengerahkan 11 Mobile BTS dan 21 Mobile GraPARI untuk
mengantisipasi lonjakan trafik layanan dan tingginya kebutuhan produk Telkomsel
di masa liburan pergantian tahun tersebut.
Di Bali Nusra, Telkomsel
berfokus meningkatkan kualitas layanan di 31 titik keramaian utama yang
diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa Naru yang dikenal dengan
istilah "PREMIUM", yakni Public services, Religious events, Entertainment events, Malls and shopping center, Indoor events, Uniqueness, dan Massive crowd. Ke-31 titik “PREMIUM” tersebut terdiri dari
delapan titik di Bali, 11 titik di NTB, dan 12 titik di NTT, di mana lima
wilayah yang diperkirakan menjadi pusat lonjakan utama trafik layanan adalah
Pantai Kuta, Pantai Pandawa, dan Bandara Ngurah Rai (Bali), Gili Trawangan
(NTB), serta Katedral Kupang (NTT).
“Periode Lebaran, Natal, dan
Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakan periode yang
amat penting bagi masyarakat Indonesia. Di saat-saat ini pulalah kebutuhan
komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar
sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS, ataupun data. Untuk itu di
masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk
menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang kami berikan bagi para pelanggan,”
ungkap Danny A. Triawan, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra.
Lebih lanjut Danny menjelaskan,
layanan data diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, berhubung saat
ini pelanggan sangat aktif dalam menggunakan ponselnya untuk berbagi
momen-momen keseruan mereka lewat berbagai aplikasi social media dan chatting. “Saat ini pelanggan Telkomsel dapat menikmati
kualitas mobile broadband terbaik seiring peluncuran layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia
secara komersial,” kata Danny.
Layanan berbasis teknologi
seluler generasi keempat tersebut diharapkan akan dapat memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, di mana saat
ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya. Untuk tahap awal, didukung 90 eNode B atau
BTS 4G di Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan berkecepatan akses data
tinggi di ratusan lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic
di Bali, khususnya wilayah
Denpasar dan Badung.
Di Bali Nusra, selama periode Naru
tahun ini, Telkomsel memperkirakan kenaikan payload pada layanan data diprediksi mencapai 49 terabyte
atau naik 27 persen dibandingkan payload pada hari normal. Sementara itu, trafik layanan
suara diperkirakan menjadi 79 juta menit atau naik 8 persen dan trafik SMS
diperkirakan menjadi 64 juta SMS atau naik 70 persen, seluruhnya dibandingkan
dengan trafik pada hari biasa di tahun 2014.
Untuk mengantisipasi
peningkatan trafik layanan tersebut, Telkomsel telah menyiapkan kapasitas
jaringan yang memadai, yakni kapasitas layanan data sebesar 67 terabyte, kapasitas
SMS Center yang mampu mengakomodasi hingga 200 juta SMS, kapasitas layanan
suara 142 juta menit, dan kapasitas Visitor Location Register (VLR) untuk
melayani hingga hampir 11 juta pelanggan. Penyiapan kapasitas tersebut
melengkapi dukungan lebih dari 4.400 BTS yang menjangkau hampir seluruh wilayah
Bali Nusra.
GM Sales Telkomsel Regional
Bali Nusra Gatot P. Utomo menambahkan, “Dari sisi layanan, Telkomsel juga menjamin
ketersediaan produk melalui 168 Modern Channel Siaga dan 125 Outlet Siaga,
serta didukung pula oleh tiga GraPARI Siaga, yakni GraPARI 24 jam Kutabex, GraPARI Mal Bali Galeria (MBG), dan GraPARI Negara yang siap melayani pelanggan
tanpa kenal hari libur.”
***
No comments:
Post a Comment