Wednesday, December 24, 2014

Siaga Natal dan Tahun Baru 2015, Telkomsel Kerahkan 11 Mobile BTS dan 21 Mobile GraPARI di Bali Nusra

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam berkomunikasi dan menggunakan layanannya, khususnya di periode Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 (Naru), Telkomsel melakukan sejumlah upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan. Di wilayah Bali, NTB, dan NTT, Telkomsel mengerahkan 11 Mobile BTS dan 21 Mobile GraPARI untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan dan tingginya kebutuhan produk Telkomsel di masa liburan pergantian tahun tersebut.


Di Bali Nusra, Telkomsel berfokus meningkatkan kualitas layanan di 31 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa Naru yang dikenal dengan istilah "PREMIUM", yakni Public services, Religious events, Entertainment events, Malls and shopping center, Indoor events, Uniqueness, dan Massive crowd. Ke-31 titik “PREMIUM” tersebut terdiri dari delapan titik di Bali, 11 titik di NTB, dan 12 titik di NTT, di mana lima wilayah yang diperkirakan menjadi pusat lonjakan utama trafik layanan adalah Pantai Kuta, Pantai Pandawa, dan Bandara Ngurah Rai (Bali), Gili Trawangan (NTB), serta Katedral Kupang (NTT).
“Periode Lebaran, Natal, dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakan periode yang amat penting bagi masyarakat Indonesia. Di saat-saat ini pulalah kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS, ataupun data. Untuk itu di masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang kami berikan bagi para pelanggan,” ungkap Danny A. Triawan, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra.
Lebih lanjut Danny menjelaskan, layanan data diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, berhubung saat ini pelanggan sangat aktif dalam menggunakan ponselnya untuk berbagi momen-momen keseruan mereka lewat berbagai aplikasi social media dan chatting. “Saat ini pelanggan Telkomsel dapat menikmati kualitas mobile broadband terbaik seiring peluncuran layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersial,” kata Danny.
Layanan berbasis teknologi seluler generasi keempat tersebut diharapkan akan dapat memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, di mana saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya. Untuk tahap awal, didukung 90 eNode B atau BTS 4G di Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan berkecepatan akses data tinggi di ratusan lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Bali, khususnya wilayah Denpasar dan Badung.
Executive VP Telkomsel Area Jawa Bali Yetty Kusumawati (kedua kanan) bersama VP ICT Network Management Area Jawa Bali Ronny Arnaz menyerahkan paket bingkisan Natal kepada salah satu outlet seluler di Bandara El Tari, Kupang (24/12)


Di Bali Nusra, selama periode Naru tahun ini, Telkomsel memperkirakan kenaikan payload pada layanan data diprediksi mencapai 49 terabyte atau naik 27 persen dibandingkan payload pada hari normal. Sementara itu, trafik layanan suara diperkirakan menjadi 79 juta menit atau naik 8 persen dan trafik SMS diperkirakan menjadi 64 juta SMS atau naik 70 persen, seluruhnya dibandingkan dengan trafik pada hari biasa di tahun 2014.
Untuk mengantisipasi peningkatan trafik layanan tersebut, Telkomsel telah menyiapkan kapasitas jaringan yang memadai, yakni kapasitas layanan data sebesar 67 terabyte, kapasitas SMS Center yang mampu mengakomodasi hingga 200 juta SMS, kapasitas layanan suara 142 juta menit, dan kapasitas Visitor Location Register (VLR) untuk melayani hingga hampir 11 juta pelanggan. Penyiapan kapasitas tersebut melengkapi dukungan lebih dari 4.400 BTS yang menjangkau hampir seluruh wilayah Bali Nusra.
GM Sales Telkomsel Regional Bali Nusra Gatot P. Utomo menambahkan, “Dari sisi layanan, Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk melalui 168 Modern Channel Siaga dan 125 Outlet Siaga, serta didukung pula oleh tiga GraPARI Siaga, yakni GraPARI 24 jam Kutabex, GraPARI Mal Bali Galeria (MBG), dan GraPARI Negara yang siap melayani pelanggan tanpa kenal hari libur.”

***

No comments:

Post a Comment