Telkomsel, operator
terbesar di Indonesia, hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Berdiri
pada tanggal 26 Mei 1995 di Batam, Telkomsel secara konsisten melayani negeri
dan membangun ekosistem teknologi selular terkini selama 20 tahun, sehingga
terus menjadi operator seluler nomor satu di Indonesia yang saat ini dipercaya oleh
lebih dari 141 juta pelanggan. Jaringan Telkomsel saat ini didukung oleh lebih
dari 90.000 BTS yang mampu menjangkau lebih dari 95% populasi Indonesia, dan
seluruh penjuru Nusantara untuk melayani kebutuhan komunikasi seluruh lapisan
masyarakat mulai dari kawasan perkotaan, ibukota kecamatan, daerah perintis,
hingga desa perbatasan negeri, baik di gugusan pulau kecil ataupun di hutan
pedalaman.
Direktur
Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Kami ucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada para pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia atas
kepercayaan mereka di dalam menggunakan layanan Telkomsel, sehingga kami dapat
terus menjadi operator terbesar di tanah air. Hal ini menjadi motivasi dan
inspirasi tersendiri bagi Telkomsel untuk terus menghadirkan berbagai kreasi
untuk Indonesia, sehingga pelanggan dapat terus menikmati layanan Telkomsel
dimana pun mereka berada, termasuk daerah pelosok.”
Ririek lebih
lanjut menjelaskan bahwa menghadirkan layanan telekomunikasi di daerah
terpencil penuh dengan tantangan, namun dapat memberikan multiplier effects yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat
dan membuka isolasi komunikasi. Hal inilah yang melandasi semangat Telkomsel untuk
terus menghadirkan inovasi layanan selular dan sekaligus menjawab dinamika yang
terjadi di industri telekomunikasi.
GM Sales Telkomsel Regional Bali Nusra Gatot Priyo Utomo memotong tumpeng pada saat syukuran ulang tahun Telkomsel ke-20 di GraPARI Denpasar (26/5) |
Telkomsel pun
berulang kali tercatat menciptakan Inovasi dalam menghadirkan layanan baru di
Indonesia, diantaranya simPATI sebagai kartu prabayar pertama di Asia (1997),
jaringan 3G pertama di Indonesia (2006), pertama menyediakan layanan suara dan data mobile di atas kapal PELNI (2008), pertama
kali mengimplementasikan teknologi Wi-Fi Mobile
Seamless di Indonesia (2012), dan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia (2014).
Menuju
Digital Company
Di
dunia yang semakin terhubung, dimana pertukaran informasi terjadi amat cepat,
kebutuhan komunikasi tidak lagi sebatas suara dan SMS, namun juga dalam format
lainnya seperti video dan foto. Kebutuhan masyarakat akan layanan data dan broadband (pita lebar) akan terus
berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Dalam
tiga tahun terakhir, Telkomsel pun fokus mengakselerasi bisnis digital (mobile broadband dan digital services) seiring dengan arah
perusahaan untuk bertransformasi dari Telecommunication
Company menjadi Digital Company
kelas dunia. Bisnis digital Telkomsel pun konsisten bertumbuh di atas 30%
setiap tahunnya.
“Masa depan industri telekomunikasi ada di layanan
data dan digital, dan untuk itu dalam beberapa tahun terakhir kami secara
berulang kali konsisten menyatakan akan membangun ekosistem digital di
Indonesia serta melakukan serangkaian program edukasi. Ketersedian DNA, yaitu Device, Network dan Application menjadi faktor utama di dalam perkembangan ekosistem
digital di tanah air, dan untuk itu kami pun bekerja sama dengan berbagai pihak
seperti produsen ponsel dan pengembang aplikasi lokasl”,
papar Ririek.
Manager Telkomsel Branch Mataram Khalid J. Salam menyerahkan tumpeng kepada pelanggan pada saat syukuran ulang tahun Telkomsel ke-20 di GraPARI Mataram (26/5) |
Telah hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE di Jakarta, Bali,
Bandung, Surabaya dan Medan, yang menawarkan
layanan mobile broadband
dengan kecepatan yang lebih baik, diharapkan akan dapat menjawab tuntutan
pelanggan terhadap akses data yang dapat diandalkan dalam memberikan pengalaman
digital lifestyle.
Saat ini layanan digital yang dikembangkan oleh Telkomsel antara
lain adalah Digital Lifestyle Services (Video,
Music, Games, dll), Mobile Payment, Digital Advertising, dan Machine to Machine
(M2M). Potensi pertumbuhan penggunaan layanan-layanan ini dipredikasi akan semakin besar di masa
mendatang seiring dengan penetrasi telepon pintar (smartphone) yang juga meningkat.
“Ke depannya Telkomsel akan terus menghadirkan berbagai inovasi pada
layanan data dan digital. Kami ingin mengembangkan lebih banyak lagi layanan
digital yang mengadopsi tren terkini dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
Indonesia. Bagi Telkomsel,
usia 20 merupakan sebuah momentum untuk terus berkreasi dalam Teknologi Informasi
dan Komunikasi untuk kemajuan bangsa”, tutup Ririek.
Ririek menambahkan bahwa masyarakat Indonesia, terutama generasi
muda saat ini amat haus akan layanan data dan digital, dan hal tersebut
sesungguhnya merupakan peluang bagi perusahaan di dalam mengembangkan ekosistem
digital di tanah air. Untuk itu Telkomsel aktif mengajak keterlibatan
generasi muda untuk dapat berkreasi lebih banyak lagi dalam hal penciptaan
konten. Seperti yang dilakukan dalam
program LOOP KePo (Kreatif Project) yang mengajak anak muda untuk
menjadi kreator digital dan Digital Creative Indonesia: The Next Dev yang
menantang anak muda Indonesia dalam membuat aplikasi untuk mendukung Smart
City.
Dalam
kesempatan perayaan 20 tahun ini juga dilakukan peluncuran buku ‘17,000 Islands
of Imagination’. Buku ini sekaligus menjadi gambaran semangat pengabdian
operator seluler terbesar di Indonesia di dalam menghadirkan kesetaraan akses
telekomunikasi bagi seluruh lapisan masyarakat di berbagai penjuru Indonesia
termasuk daerah terpencil dan pelosok, guna menyatukan bangsa yang terpisah
oleh jarak geografis.
***
Assalamualaikum...
ReplyDeletesaya AGUNGSAHAR seorang supir angkot di jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada AKI KOMO atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI KOMO pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma sedikit dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI KOMO saya sudah buka usaha peternakan ayam dan istri saya juga buka warung makan dirumah. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB AKI KOMO di nomor hpnya di: 085 319 483 234 ramalan AKI KOMO memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus, sekali lagi terima kasih banyak Aki, seumur hidup saya tidak akan melupakan kebaikan AKI KOMO Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa,hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman senasib.