Telkomsel meraih pengakuan sebagai
“Best Champion” untuk kategori operator selular GSM dalam ajang Bali Service
Excellence Award (BSEA) 2012 yang diselenggarakan lembaga riset pemasaran
Markplus Insight akhir pekan lalu di The Patra Bali Resort & Villas, Kuta,
Bali.
BSEA merupakan ajang penghargaan bagi
perusahaan dan merek lokal dari 11 kategori industri dengan pelayanan pelanggan
terbaik di Bali. Penilaian BSEA 2012 ini didasarkan pada survei yang dilakukan
oleh Markplus Insight terhadap 1.000 responden di Bali pada bulan November
hingga Desember 2011. Responden dalam survei tersebut merupakan pengambil
keputusan pembelian untuk produk dan jasa tertentu dari strata sosial ekonomi
A, B, dan C berusia 21 hingga 55 tahun yang dibagi secara proporsional.
Survei tersebut mengukur dimensi
pelayanan terhadap pelanggan yang meliputi tiga touch point, yaitu
pelayanan pada saat sebelum membeli (pre-purchase), pelayanan pada saat
membeli (purchase), dan pelayanan setelah melakukan pembelian (post-purchase).
Pre-purchase berkaitan dengan informasi mengenai produk atau jasa,
seperti: program komunikasi massal, informasi harga, dan word of mouth. Purchase
berkaitan dengan harga dan pelayanan perusahaan kepada pelanggan selama
berinteraksi pada waktu proses, baik secara fisik maupun non fisik. Sementara post-purchase
berkaitan dengan kualitas produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan, manfaat
emosional dari merek, dan penanganan komplain.
Berdasarkan survei tersebut, Telkomsel
berhasil memperoleh nilai tertinggi pelayanan pelanggan untuk kategori operator
selular GSM dengan indeks 75,43, diikuti XL Axiata (74,22) dan Indosat (73,73).
Telkomsel juga meraih penghargaan BSEA 2012 untuk kategori penyedia internet
melalui layanan TELKOMSELFlash.
GM Sales & Customer Service
Telkomsel Regional Bali Nusra Syaiful Bachri mengatakan, “Pengakuan sebagai
yang terbaik di Bali ini menunjukkan raport pelayanan kami, yang diraih melalui
sebuah proses berkelanjutan dalam upaya menghadirkan pelayanan terbaik bagi
pelanggan. Penghargaan ini sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus
meningkatkan mutu pelayanan, seiring tingginya kepercayaan pengguna produk dan
layanan Telkomsel di Bali.”
Sementara itu, Founder & President of Markplus Inc. Hermawan Kertajaya
mengungkapkan, “BSEA 2012 kami selenggarakan dalam upaya untuk mendukung
aktivitas pemasaran perusahaan dan merek lokal agar bisa menjadi inspirasi yang
dapat mempercepat kemajuan ekonomi di Bali. Kami berharap penghargaan ini bisa
memberikan feedback kepada para local champion agar aktivitas
pemasaran yang dilakukan perusahaan dan merek lokal tersebut bisa berjalan
efektif dalam jangka waktu yang lama.”
Penghargaan BSEA 2012 bagi Telkomsel
ini melengkapi pengakuan sebagai operator seluler dengan pelayanan pelanggan
terbaik di Bali. Akhir tahun 2011 lalu, Telkomsel berhasil menjadi yang terbaik
untuk kategori layanan publik operator GSM & CDMA dalam ajang “Bali
International Customer Satisfaction Award 2011” yang diselenggarakan lembaga
Bali Convex Nusa Dua dan Swadeshi Bali Foundation.
Saat ini pelanggan Telkomsel di Bali
dilayani dua kantor pelayanan GraPARI, yakni GraPARI Denpasar di
Jalan Diponegoro dan GraPARI Mall Bali Galeria di Kuta. Pelayanan
pelanggan juga dapat diperoleh di sembilan GraPARI Kios yang tersebar di
Bali, yakni di Legian, Gianyar, Karang Asem, Gatsu, Tabanan, Nusa Dua,
Singaraja, Negara, dan Mengwi.
Telkomsel menyediakan akses layanan call
center 24 jam sepanjang hari secara gratis dengan akses 111 untuk pelanggan
kartuHALO dan 155 untuk simPATI dan Kartu As, serta 128 khusus pelanggan korporat. Tersedia pula akses
ke nomor lain, yakni 08071811811.
Pelanggan juga dilayani melalui akses website www.telkomsel.com/web/telkomselwebcare,
email ke cs@telkomsel.co.id, atau SMS ke 111 langsung dari kartuHALO dan 116 untuk simPATI
dan Kartu As. Contoh: untuk
mengetahui alamat GraPARI di kota
pelanggan, cukup kirim SMS dengan mengetik grapari#<nama kota>, lalu
kirim ke 111 atau 116.
Telkomsel juga menghadirkan layanan Self Care yang merupakan inovasi
layanan untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi sekaligus
mengaktifkan fitur layanan favorit secara mandiri, tanpa bantuan petugas
pelayanan Telkomsel. Layanan Self Care dapat diakses secara gratis dengan
menghubungi *111# (pelanggan kartuHALO)
atau *116# (pelanggan simPATI dan Kartu As).
==========
No comments:
Post a Comment