Sunday, August 11, 2013

Lebaran, Trafik Telkomsel di Gilimanuk Melonjak Drastis 6 Kali Lipat


Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi yang signifikan di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian di wilayah Bali Nusra pada periode Idul Fitri 1434 Hijriyah yang lalu. Di Pelabuhan Gilimanuk, Bali trafik layanan suara Telkomsel pada H-3 Lebaran melonjak drastis 610 persen atau menjadi lebih dari 6 kali lipat dibandingkan hari normal.


Lonjakan trafik di Pelabuhan Gilimanuk juga terjadi untuk layanan data, yakni meningkat 380 persen dibandingkan hari normal atau sama seperti peningkatan trafik pada Lebaran tahun lalu.
Peningkatan trafik layanan data tertinggi pada periode Lebaran di NTB terjadi di Pelabuhan Lembar, Lombok sebesar 190 persen, sedangkan di NTT terjadi di Bandara H. Hasan Aroeboesman, Ende, Flores sebesar 120 persen dibandingkan trafik pada hari biasa.
Secara total peningkatan trafik layanan terjadi di 18 hotspot di wilayah Bali Nusra, yakni Bandara Ngurah Rai, area Kuta, Legian, Nusa Dua, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bay, Seminyak, Sukawati, Terminal Mengwi, dan Terminal Ubung (Bali); Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Pototano, Senggigi, dan Terminal Lombok (NTB), serta Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende dan Bandara El Tari Kupang (NTT).
GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto (kiri) didampingi Manager Resources Performance Assurance Regional Bali Nusra Yulius Hery sedang menguji kecepatan akses layanan data Telkomsel di area GraPARI 24 Jam Kutabex di wilayah Kuta Bali yang menjadi salah satu dari 18 hotspot peningkatan trafik layanan komunikasi di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran

Tren peningkatan trafik layanan di periode Lebaran yang pada tahun-tahun sebelumnya didominasi layanan SMS, sejak 3 tahun terakhir beralih ke layanan data. Terbukti trafik layanan data di wilayah Bali Nusra pada H-1 hingga hari kedua Lebaran rata-rata meningkat 22 persen, sedangkan trafik SMS pada Hari H Lebaran justru menurun drastis rata-rata 50 persen dibandingkan hari normal.
"Ucapan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin' melalui aplikasi pesan instan atau chatting dan media sosial seperti Facebook dan Twitter secara umum lebih diminati masyarakat ketimbang SMS. Pada periode Lebaran pelanggan juga relatif lebih sering melakukan browsing untuk mengakses informasi melalui perangkat mobile-nya," jelas Ganot Sunoto, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra.
Dari sisi tingkat kesuksesan layanan, secara umum pelanggan juga terlayani dengan baik, di mana tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata sebesar 97 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan data dan SMS selalu di atas 99 persen.
“Berkat semua persiapan penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami lakukan, kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran ini dapat terakomodasi dengan baik,” ungkap Ganot.
GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Bali Nusra Hasan Kurdi (tengah) menyerahkan paket Lebaran kepada tim Telkomsel Siaga yang bertugas di area Pantai Kuta Bali (8/8)

Sebelumnya Telkomsel telah memastikan infrastruktur jaringan terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran. Pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan trafik layanan terus dilakukan selama 24 jam pada periode H-7 hingga H+7 Lebaran. Bahkan Telkomsel juga mengerahkan 2 unit compact mobile base transceiver (Combat) atau BTS bergerak di area pusat kota Denpasar untuk menambah kemampuan penanganan trafik layanan.
Pada hari pertama Lebaran, Telkomsel juga mencatat peningkatan layanan isi ulang pulsa sebesar 32 persen dibandingkan hari biasanya. “Peningkatan ini dipicu tingginya pemanfaatan layanan isi ulang pulsa yang tersedia di sekitar 800 Outlet Siaga di sepanjang jalur mudik di wilayah Bali Nusra,” tambah Hasan Kurdi, GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Bali Nusra.



Berikut data performansi layanan Telkomsel di Bali Nusra Pada Lebaran 2013:
Trafik Layanan
Layanan
Trafik Hari Normal 2013
Trafik Lebaran 2013
Perbandingan
SMS
44 juta SMS
22 juta SMS
Turun 50%
Suara
59 juta menit
55 juta menit
Turun 7%
Data
8,64 Tera Byte
10,57 Tera Byte
Naik 22%
Isi Ulang Pulsa
591.000 transaksi
781.000 transaksi
Naik 32%

Tingkat Kesuksesan Layanan
Layanan
Tingkat Kesuksesan Lebaran 2013
SMS
99,86%
Suara
97,18%
Data
99,95%

 
==========

No comments:

Post a Comment