Telkomsel mencatat
peningkatan trafik layanan komunikasi yang signifikan di lokasi-lokasi yang
menjadi pusat keramaian di wilayah Bali Nusra pada periode Idul Fitri 1434
Hijriyah yang lalu. Di Pelabuhan Gilimanuk, Bali trafik layanan suara Telkomsel
pada H-3 Lebaran melonjak drastis 610 persen atau menjadi lebih dari 6 kali
lipat dibandingkan hari normal.
Lonjakan trafik di
Pelabuhan Gilimanuk juga terjadi untuk layanan data, yakni meningkat 380 persen
dibandingkan hari normal atau sama seperti peningkatan trafik pada Lebaran
tahun lalu.
Peningkatan trafik layanan
data tertinggi pada periode Lebaran di NTB terjadi di Pelabuhan Lembar, Lombok
sebesar 190 persen, sedangkan di NTT terjadi di Bandara H. Hasan Aroeboesman,
Ende, Flores sebesar 120 persen dibandingkan trafik pada hari biasa.
Secara total
peningkatan trafik layanan terjadi di 18 hotspot di wilayah Bali Nusra,
yakni Bandara Ngurah Rai, area Kuta, Legian, Nusa Dua, Pelabuhan Gilimanuk,
Pelabuhan Padang Bay, Seminyak, Sukawati, Terminal Mengwi, dan Terminal Ubung
(Bali); Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar,
Pelabuhan Pototano, Senggigi, dan Terminal Lombok (NTB), serta Bandara H. Hasan
Aroeboesman Ende dan Bandara El Tari Kupang (NTT).
Tren peningkatan
trafik layanan di periode Lebaran yang pada tahun-tahun sebelumnya didominasi
layanan SMS, sejak 3 tahun terakhir beralih ke layanan data. Terbukti trafik
layanan data di wilayah Bali Nusra pada H-1 hingga hari kedua Lebaran rata-rata
meningkat 22 persen, sedangkan trafik SMS pada Hari H Lebaran justru menurun
drastis rata-rata 50 persen dibandingkan hari normal.
"Ucapan 'Selamat
Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin' melalui aplikasi pesan instan
atau chatting dan media sosial seperti Facebook dan Twitter secara umum
lebih diminati masyarakat ketimbang SMS. Pada periode Lebaran pelanggan juga
relatif lebih sering melakukan browsing untuk mengakses informasi
melalui perangkat mobile-nya," jelas Ganot Sunoto, GM ICT Operation
Telkomsel Regional Bali Nusra.
Dari sisi tingkat
kesuksesan layanan, secara umum pelanggan juga terlayani dengan baik, di mana
tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata sebesar 97 persen, sementara tingkat
kesuksesan layanan data dan SMS selalu di atas 99 persen.
“Berkat semua
persiapan penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami
lakukan, kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada
periode Lebaran ini dapat terakomodasi dengan baik,” ungkap Ganot.
GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Bali Nusra Hasan Kurdi (tengah) menyerahkan paket Lebaran kepada tim Telkomsel Siaga yang bertugas di area Pantai Kuta Bali (8/8) |
Sebelumnya Telkomsel
telah memastikan infrastruktur jaringan terjaga dengan baik dan berada dalam
kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus
balik Lebaran. Pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan
trafik layanan terus dilakukan selama 24 jam pada periode H-7 hingga H+7
Lebaran. Bahkan Telkomsel juga mengerahkan 2 unit compact mobile base
transceiver (Combat) atau BTS bergerak di area pusat kota Denpasar untuk
menambah kemampuan penanganan trafik layanan.
Pada hari pertama
Lebaran, Telkomsel juga mencatat peningkatan layanan isi ulang pulsa sebesar 32
persen dibandingkan hari biasanya. “Peningkatan ini dipicu tingginya
pemanfaatan layanan isi ulang pulsa yang tersedia di sekitar 800 Outlet Siaga
di sepanjang jalur mudik di wilayah Bali Nusra,” tambah Hasan Kurdi, GM Sales
& Customer Care Telkomsel Regional Bali Nusra.
Berikut data performansi
layanan Telkomsel di Bali Nusra Pada Lebaran 2013:
Trafik Layanan
Layanan
|
Trafik Hari Normal 2013
|
Trafik Lebaran 2013
|
Perbandingan
|
SMS
|
44 juta SMS
|
22 juta SMS
|
Turun 50%
|
Suara
|
59 juta menit
|
55 juta menit
|
Turun 7%
|
Data
|
8,64 Tera Byte
|
10,57 Tera Byte
|
Naik 22%
|
Isi Ulang Pulsa
|
591.000 transaksi
|
781.000 transaksi
|
Naik 32%
|
Tingkat Kesuksesan Layanan
Layanan
|
Tingkat Kesuksesan
Lebaran 2013
|
SMS
|
99,86%
|
Suara
|
97,18%
|
Data
|
99,95%
|
==========
No comments:
Post a Comment