Telkomsel meraih hasil yang memuaskan hingga kuartal
ketiga (Q3) 2014 dengan mencatatkan pencapaian 139,3 juta pelanggan atau tumbuh
8,9% YoY (Year on Year) dan pertumbuhan di segala lini bisnis baik digital (mobile broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS. Hal ini
menjadikan Telkomsel selama 3 tahun
berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid dan mampu menjaga
pertumbuhan pendapatan sebesar 10% ditengah-tengah industri telekomunikasi yang
telah mature. Tingkat profitabilitas
mampu dijaga dengan baik, dengan EBITDA margin
konsisten di atas 55% dan net income
margin di atas 28%.
Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, “Pencapaian ini
merupakan buah kepercayaan dan dukungan pelanggan serta seluruh stakeholders, sehingga Telkomsel dapat
terus menjadi yang terdepan memimpin industri telekomunikasi selular tanah air
dan dapat terus berkontribusi kepada bangsa Indonesia, salah satunya dengan
menjadi pembayar pajak terbesar bagi negara.”
Catatan yang baik ini didorong oleh
pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar 32,5% YoY, dimana mobile broadband tumbuh
32.9% YoY dan digital services tumbuh
28.4% YoY. Trafik data juga naik tajam 146.1% dibandingkan tahun sebelumnya. Di saat
yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan suara sebesar
7,2% YoY dan SMS sebesar 2,8 YoY.
“Kami akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk,
layanan dan teknologi terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan layanan mobile broadband dan secara
berkelanjutan membangun infrastrukturnya agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia. Hingga kini kami telah menjangkau lebih dari 95% dari total
poulasi Indonesia, membangun 369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83,000 BTS dimana 37.000
BTS diantaranya merupakan BTS 3G”, ujar Alex.
Saat ini Telkomsel memiliki 63.5 juta pelanggan data atau lebih
dari 46% total pelanggannya. Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35.4 juta
pelanggan pengguna smartphone yang merepresentasikan 25% dari total
pelanggan. Untuk meningkatkan penggunaan mobile broadband di Indonesia
Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi bertajuk “Indonesia Genggam
Internet”. Program ini diharapkan akan dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan
manfaat positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.
Dalam
menjaga leadership di industri
telekomunikasi selular tanah air, Telkomsel selalu merespon terhadap perubahan
teknologi yang terjadi dengan sangat cepat. Dalam waktu dekat, Telkomsel segera
menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk memastikan pengalaman pelanggan
yang terbaik. Telkomsel pun sebelumnya telah sukses melakukan serangkaian uji
coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta dan pada ajang APEC 5-7 Oktober
2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan ini dapat segera dapat
dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.
“Telkomsel
menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah memberikan
layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui lebih dari
400 kantor pelayanan Telkomsel atau
GraPari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan 268 mobile GraPari yang siap menembus daerah
pelosok sekalipun, serta Call Center yang bersertifikasi ISO 9001:2008”, tutup
Alex.
Selain pertumbuhan
pendapatan yang baik, kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel juga
mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga nasional dan internasional antara
lain sebagai Indonesia Mobile Service
Provider of the Year dari Indonesia Service Excellence Awards 2014, Best Customer Support Channels dan Best Services dari Frost and Sullivan
Asia Best Practives in Customer Experience Awards, dan sebagai Operator of The Year Serta Best Digital Service dari Selular Award
2014.
Kinerja yang telah
dicapai adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan
termasuk masyarakat luas. Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus
diiringi dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program
tanggung jawab sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan,
social ekonomi, lingkungan dan kebencanaan.
***
No comments:
Post a Comment