Pada periode H-1 hingga
H+1 Idul Fitri yang lalu, Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan
komunikasi yang signifikan di berbagai lokasi yang menjadi pusat keramaian di
wilayah Bali, NTB, dan NTT. Puncak peningkatan trafik layanan data atau payload
terjadi pada hari kedua Lebaran yang mencapai 22,04 persen dibandingkan hari
normal menjadi 25,41 terabyte. Angka tersebut melonjak 139,33 persen
dibandingkan periode Lebaran tahun 2013.
Secara total peningkatan
trafik layanan terjadi di 31 hotspot di wilayah Bali Nusra,
yakni Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, Terminal
Ubung, Pantai Kuta, Pantai Padma Seminyak, Jimbaran, Garuda Wisnu Kencana,
Tanjung Benoa, Pasar Sukawati, Bedugul (Bali); Bandara Internasional Lombok,
Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, Terminal Mandalika Lombok, Pantai
Senggigi, Gili Trawangan, Lapangan Merdeka Bima (NTB); Bandara El Tari Kupang,
Bandara Frans Seda Maumere, Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, Bandara Mau Hau
Waingapu, Pelabuhan Tenau, Pelabuhan Lembata, Terminal Kefamenanu, Mall
Flobamora, Taman Nostalgia, Pasar Waikabubak, Pasar Inpres Soe, Alun-alun
Atambua, dan Labuan Bajo (NTT).
Pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak Ramadhan dan Lebaran dilakukan sepanjang 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) |
Kenaikan payload
tertinggi dibandingkan hari normal terjadi di lokasi wisata dengan 330,99 persen,
disusul pelabuhan (285,49 persen), lalu pasar oleh-oleh (185,91 persen).
Sementara itu, wilayah dengan peningkatan volume payload tertinggi
adalah lokasi wisata pantai dengan 201,92 gigabyte, disusul bandara (73,62
gigabyte), lalu pelabuhan (61,81 gigabyte).
Berbanding terbalik
dengan payload, trafik layanan suara dan SMS pada periode Lebaran
tahun ini cenderung menurun dibandingkan hari normal. Puncak trafik layanan
suara terjadi pada hari H Lebaran dengan 65,31 juta menit, turun tipis 0,08
persen dibandingkan hari normal. Sementara puncak trafik SMS terjadi pada hari
H-1 Lebaran dengan 45,38 juta SMS atau lebih rendah 1,22 persen dibandingkan
hari normal. Apabila dibandingkan dengan Lebaran tahun 2013, trafik layanan
suara meningkat 13,3 persen, sedangkan trafik SMS naik signifikan 91,26 persen.
Suasana aktivitas pelayanan Mobile GraPARI di Pantai Pandawa, Bali. Lokasi wisata pantai menjadi wilayah dengan payload tertinggi selama periode Lebaran di Bali Nusra dengan volume 201,92 gigabyte. |
"Tren penggunaan
layanan data di Bali Nusra tidak hanya terjadi untuk menyampaikan ucapan
'Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin' melalui aplikasi
pesan instan seperti BBM, WhatsApp, dan Line, tetapi akan terus berlanjut
hingga H+7 Lebaran mengingat wilayah ini merupakan destinasi wisata utama di
Indonesia, di mana turis lokal dan mancanegara akan mengunggah foto liburannya
bersama keluarga dan kerabat ke akun media sosial seperti Facebook, Twitter,
Path, dan Instagram," jelas Danny A. Triawan, GM ICT Operation Telkomsel
Regional Bali Nusra.
Selama periode Lebaran,
secara umum pelanggan juga terlayani dengan baik, di mana tingkat kesuksesan
layanan suara rata-rata lebih dari 98 persen, sementara tingkat kesuksesan
layanan data rata-rata di atas 99 persen. “Berkat semua persiapan penambahan
kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami lakukan, kebutuhan
komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran ini
dapat terakomodasi dengan baik. Kami tetap menyiagakan seluruh elemen jaringan
hingga H+7 Lebaran, termasuk mengoperasikan enam unit compact mobile
BTS atau Combat di Gilimanuk, Bedugul, Pecatu, Singaraja, Karangasem,
dan Mareje untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Telkomsel,”
pungkas Danny.
***
No comments:
Post a Comment