Pada periode H-1 hingga H+1
Idul Fitri yang lalu, Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi
yang signifikan di berbagai lokasi yang menjadi pusat keramaian di wilayah
Bali, NTB, dan NTT. Puncak peningkatan trafik layanan data atau payload terjadi
pada H+1 Lebaran yang mencapai 23,32 persen menjadi 79,09 terabyte dibandingkan
payload 64,14 terabyte pada hari normal. Angka tersebut melonjak 211,26 persen
dibandingkan periode Lebaran tahun 2014.
Kenaikan payload tertinggi
dibandingkan hari normal terjadi di area pelabuhan dengan 184 persen, disusul
lokasi wisata pantai (175 persen), lalu pasar oleh-oleh (53 persen). Sementara
itu, wilayah dengan volume payload tertinggi
berturut-turut bandara dengan 841 gigabyte, lokasi wisata bahari (465
gigabyte), dan alun-alun kota (451 gigabyte).
Walaupun tidak sesignifikan payload,
kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan suara. Pada hari H Lebaran trafik
komunikasi suara meningkat 4,64 persen menjadi 1,35 juta erlang dari 1,29 juta
erlang pada hari normal. Dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, terjadi
peningkatan 23,85 persen.
Sementara itu, sama seperti beberapa tahun belakangan, trafik SMS pada
periode Lebaran tahun ini cenderung menurun dibandingkan hari normal. Puncak
trafik SMS terjadi pada hari H Lebaran dengan 36,8 juta SMS atau menurun tipis
2,14 persen dibandingkan 37,6 juta SMS pada hari normal. Apabila dibandingkan
dengan Lebaran tahun 2014, trafik SMS menurun 20,69 persen.
"Meningkatnya penggunaan layanan data pada periode Lebaran menunjukkan
bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai pilihan utama untuk
bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat saat Lebaran. Tren ini akan terus
berlanjut hingga H+7 Lebaran mengingat wilayah Bali Nusra merupakan destinasi
wisata utama di Indonesia, di mana turis lokal dan mancanegara akan mengunggah
foto liburannya bersama keluarga dan kerabat ke media sosial," jelas Danny
Agus Triawan, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra.
Dari sisi kualitas layanan, selama periode Lebaran kali ini tingkat
kesuksesan layanan suara rata-rata lebih dari 98 persen, sementara tingkat
kesuksesan layanan data rata-rata di atas 99 persen. "Secara umum
kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode
Lebaran ini terlayani dengan baik serta tanpa kendala berarti berkat persiapan
dan pemantauan yang ketat terhadap jaringan Telkomsel. Kami tetap menyiagakan
seluruh elemen jaringan hingga H+7 Lebaran, termasuk mengoperasikan tujuh unit compact mobile BTS atau Combat di Pelabuhan
Gilimanuk, Pantai Kuta, Pantai Padang-padang, Pantai Medewi, dan Tanjung Benoa untuk
menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Telkomsel,” kata Danny.
***
No comments:
Post a Comment